Kapolres Metro Jakpus Himbau Buruh Tinggalkan Bundaran HI

Kapolres Metro Jakpus Himbau Buruh Tinggalkan Bundaran HI

Jakarta – Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mendatangi lokasi aksi massa buruh di Bundaran HI, Rabu (1/5/2024). Susatyo mengimbau massa untuk meninggalkan kawasan tersebut karena menyebabkan kemacetan.

“Sekali lagi warga masyarakat Jakarta masih menggunakan jalan ini, jadi saya mohon minta agar semuanya bisa jalan,” ujar Susatyo dari atas mobil komando.

Susatyo mengatakan surat pemberitahuan aksi massa telah di terima Kapolres Metro Jaya. Namun, ia meminta massa untuk menghormati hak pengguna jalan lainnya. “Tolong jangan memprovokasi kaum Buruh,” sahut salah satu orator aksi.

Susatyo meminta petugas untuk membantu massa membawa atribut aksi mereka. “Silakan maju, ayo petugas tolong bantu bawa atributnya,” kata Susatyo.

Hingga pukul 14.50 WIB, massa aksi masih berkumpul di Bundaran HI. Tampak beberapa petugas keamanan berjaga di lokasi

Aksi May Day Sebabkan Kemacetan di Bundaran HI

Jakarta – Aksi long march yang di lakukan massa buruh pada peringatan May Day di Bundaran HI, Jakarta Pusat, menyebabkan kemacetan lalu lintas yang cukup parah.

Berdasarkan pantauan, kemacetan terjadi sepanjang 3 kilometer dari Jalan Jenderal Sudirman menuju Bundaran HI. Kendaraan mengular hingga flyover Semanggi.

Petugas kepolisian tampak mengatur arus lalu lintas di beberapa titik. Namun, kemacetan masih belum terurai hingga berita ini di turunkan.

Massa buruh yang tergabung dalam berbagai serikat pekerja menggelar aksi long march untuk memperingati May Day. Mereka menuntut perbaikan kesejahteraan dan perlindungan hak-hak pekerja.

Baca Juga : https://themanwhoneverwas.com/ribuan-buruh-bakal-gelar-aksi-di-jakarta-terbagi-dua-rombongan/

Aksi tersebut di mulai dari kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan berakhir di Bundaran HI. Di sepanjang jalan, massa buruh juga menyuarakan tuntutan mereka.

Di perkirakan, ribuan buruh ikut serta dalam aksi long march tersebut. Aksi ini di kawal oleh aparat kepolisian untuk menjaga ketertiban dan keamanan

Kapolri: 71 Titik Aksi Buruh di Seluruh Indonesia

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa terdapat 71 titik aksi buruh yang terpantau di seluruh Indonesia pada Hari Buruh Internasional, Rabu (1/5/2024).

“Dari hasil pemantauan yang kita ikuti, hari ini ada kurang lebih 71 titik yang diikuti oleh kurang lebih 121 elemen dan puluhan ribu buruh yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Sigit kepada wartawan.

Kapolri menyebut para buruh di Jakarta akan berkumpul di Istora Senayan setelah aksi di berbagai titik. Aksi tersebut terpantau berjalan lancar dan aman.

“Saya ucapkan terima kasih ke rekan-rekan buruh, karena apa pun beliau semua rekan-rekan buruh adalah motor penggerak pembangunan,” ujar Sigit.

Sigit mengapresiasi para buruh karena aksi hari ini berlangsung tertib dan lancar. Dia memastikan pengamanan kegiatan Buruh atau May Day akan terus dilakukan hingga tuntas.

“Saya terima kasih bahwa dari rangkaian kegiatan teman-teman serikat buruh yang kita ikuti dari tadi pagi sampai hari ini semua berjalan dengan lancar, dengan aman, dengan tertib,” kata Sigit